Memanfaatkan Buzzer Mikrotik Routerboard

Tahukah anda bahwa di dalam sebuah Routerboard Mikrotik terdapat sebuah buzzer. Buzzer adalah alat untuk mengubah tegangan menjadi sebuah bunyi. Prinsip kerjanya memanfaatkan Piezoelektrik. Buzzer biasanya dimanfaatkan sebagai tanda sebuah alat sedang berjalan atau bermasalah.

Pada artikel ini kita akan membahas salah satu pemanfaatan dari buzzer pada Routerboard Mikrotik.

Routerboard

Pertama-tama pastikan bahwa routerboard yang digunakan memiliki fitur buzzer. Hal tersebut dapat dicek dengan cara membuka terminal di routerboard dan memasukan perintah “beep”.

Apabila terdengar suara buzzer maka Routerboard anda dapat dimanfaatkan fungsi buzzer-nya.Salah satu bentuk pemanfaatan buzzer adalah sebagai pemberitahu permasalahan terutama permasalahan koneksi. Kita dapat memanfaatkan fungsi tool Netwatch untuk memantau apakah sebuah router dapat berkomunikasi dengan sebuah server. Berikut adalah penjelasanya.

Kita anggap router sudah dapat berkomunikasi dengan jaringan/WAN di sekitarnya. Maka pada router kita dapat melakukan fungsi tools netwatch dengan menggunakan aplikasi winbox. Masuk ke menu Tools > Netwatch.

Tambahkan Netwatch dan masukan alamat host (dapat berupa IP juga), interval pengecekan dan waktu timeout-nya pada tab Host.

Pada Tab Up masukan script berikut :

Pada Tab Down masukan script berikut :

Lakukan pengecekan dengan men-disable port ethernet yang menuju server tersebut dan dengarkan bunyi buzzer-nya.

 

k2biru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *