Mengenal Wireless Access Point

 

Wireless merupakan media transmisi data pada jaringan yang menggunakan frekuensi radio dan infrared. Teknologi wireless dapat diklasifikasikan dalam berbagai jenis. Wireless fidelity (WiFi) adalah salah satu klasifikasi dari teknologi wireless tersebut. Pada umumnya WiFi mengacu pada jenis IEEE 802.11 wireless local area network (WLAN). Adapun secara khusus, WiFi adalah standar industri untuk produk yang didefinisikan oleh WiFi Alliance dan sesuai dengan standar IEEE 802.11.

Penelitian tentang pengaruh interferensi terhadap kinerja dari sebuah jaringan WiFi yang berdekatan dengan sebuah alat yang memiliki frekuensi yang sama sudah pernah dilakukan. Pada penelitian tersebut dilakukan 3 skenario percobaan untuk pengujian kinerja jaringan WiFi. Hasil dari 3 skenario percobaan tersebut mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat interferensi akan menyebabkan kinerja dari jaringan WiFi menjadi semakin menurun

Jaringan WiFi menggunakan transmisi data pada frekuensi unlicensed 2.4 GHz industrial scientific and medical (ISM) band dengan lebar 83.5 MHz yang tersebar dari 2.400 GHz sampai 2.4835 GHz . Frekuensi yang digunakan perangkat WiFi dalam menghantarkan data adalah signal carrier. Signal carrier biasa disebut dengan channel. Perbedaan frekuensi antara dari suatu channel dengan channel yang berdekatan adalah 5 MHz. Pada umumnya perangkat di indonesia menggunakan rentang frekuensi 2.412 MHz sampai dengan frekuensi 2.462 MHz. Wireless mode pada standar 802.11b/g mempunyai bandwidth sebesar 22 MHz. Oleh karena itu, untuk menghindari overlap maka channel yang bisa digunakan adalah channel 1, 6, dan 11 seperti yang terlihat pada Gambar 1.

Penetapan channel pada standar 802.11b/g/n dapat dihitung dengan persamaan :

Cn ≥ [C(n-1)+(BW/5MHz)]

BW (MHz) merupakan lebar pita untuk media transmisi wireless. Cn merupakan channel berikutnya (tetangga) yang akan ditetapkan untuk perangkat WiFi yang berdekatan. C(n-1) merupakan channel yang telah ditetapkan sebelumnya (channel tetangga yang sudah ada) dan 5 (MHz) merupakan jarak antar channel.

Elemen-elemen Sistem Komunikasi Wireless

Berikut adalah tabel kategori berdasarkan kualitas sinyal (menurut aplikasi lizard wifi scanner)

Kategori Kualitas Sinyal Kualitas sinyal (%)
Excellent

Very Good

Good

Fair

Poor

100-90

89-70

69-50

49-21

20-1

KOMPONEN WLAN

Dalam membentuk suatu jaringan wifi, maka diperlukan beberapa perangakt agar komunikasi anatara station dapat dilakukan . Secara umum , komponen wireless itu terdiri atas perangkat sebagai berikut :

  1. Antena

    Antena merupakan alat untuk mentransformasikan sinyal yang merambat pada sebuat konduktor menjadi gelombang elektromagnetik yang merambat di udara. Antena memilki sifat resonansi, sehingga antenna akan beroperasi pada daerah tertentu. Antena berguna memancarkan sinyal melalui udara untuk dapat diterima ditujuan.

    Jangkauan area Antena omnidirectiona

     

  2. Access Point

    Fungsi dari access point adalah mengirim dan menerima data, serta berfungsi sebagai buffer data Antara Wireless LAN dengan Wired LAN. Satu access Point dapat melayani sejumlah user. Karena dengan semakin banyaknya user terhubung ke AP maka kecepatan yang diperoleh tiap user juga akan semakin berkurang.

    Access Point

     

  3. Extension Point

    Untuk mengatasi berbagai problem khusus dalam topologi jaringan, perancang dapat menambahkan extension point untuk memperluas cakupan jaringan cakupan jaringan. Extension point hanya berfungsi layaknya repeater untuk client di tempat yang lebih jauh. Syarat dari AP yang digunakan sebagai extension point ini adalah terkait dengan channel frekuensi yang digunakan. Antara AP induk (yang terhubung langsung dengan LAN backbone) dan AP repeaternya harus memilih frekuensi yang sama.

    Jaringan menggunakan Extension Poin

  4. Wireless LAN Card

    WLAN Card dapat berupa PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), ISA Card, USB Card atau Ethernet Card. PCMCIA digunakan untuk notebook , sedangkan yang lainnya digunakan pada computer desktop . WLAN Card ini berfungsi sebagai interface Antara system operasi jaringan client dengan format interface udara pada AP. Khusus notebook yang keluaran terbaru maka WLAN Cardnya sudah menyatu di dalamnya.

    WLAN Card

 

//Dikutip dari Landasan teori penelitian

: : k2biru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *