Apa itu Internet?

Dalam artikel ini kita menggunakan istilah internet publik, sebuah jaringan komputer khusus (dan mungkin sebagian besar pembaca telah menggunakan), seperti Prinsip yang kami gunakan untuk membahas protokol jaringan komputer. Tapi apa Internet? Kami ingin memberikan satu kalimat definisi internet, definisi yang dapat Anda bawa pulang dan berbagi dengan keluarga dan teman-teman. Sayangnya, Internet sangat kompleks, baik dari segi hardware dan komponen perangkat lunaknya, serta layanan yang disediakan.
Sebuah Intisari Deskripsi:
Alih-alih memberikan definisi satu kalimat, mari kita coba pendekatan yang lebih deskriptif. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini. Salah satu cara adalah untuk menggambarkan mur dan baut dari Internet, yaitu, perangkat keras dasar dan komponen perangkat  lunak yang membentuk Internet. Lain cara adalah untuk menggambarkan Internet dalam hal infrastruktur jaringan yang menyediakan layanan untuk aplikasi terdistribusi. Mari kita mulai dengan deskripsi mur-dan-baut, menggunakan Gambar 1,1-1 untuk menggambarkan diskusi kita. Gambar 1,1-1: Beberapa “potongan” dari Internet. Sisten End G Internet publik adalah seluruh dunia jaringan komputer, yaitu, jaringan yang interkoneksi jutaan perangkat komputasi seluruh dunia. Sebagian besar perangkat komputasi PC desktop tradisional, berbasis Unix workstation, dan disebut “Server” yang menyimpan dan mengirimkan informasi seperti halaman WWW dan e-mail. Semakin, non-tradisional.

komputasi perangkat seperti TV Web, komputer mobile, pager dan toaster sedang terhubung ke Internet. (Toaster bukan satu-satunya perangkat yang agak tidak biasa telah terhubung ke Internet, lihat Masa Depan dari Dapur) Dalam. jargon internet, semua perangkat disebut host atau sistem akhir. Banyak dari kita sudah familiar dengan Aplikasi Internet , seperti WWW dan e-mail, adalah program aplikasi jaringan yang berjalan pada sistem akhir tersebut. Kita akan melihat ke dalam sistem akhir internet secara lebih rinci dalam bagian 1.3 dan kemudian menggali secara mendalam studi aplikasi jaringan Bab 2.

Sistem akhir, serta sebagian lainnya “potongan” dari internet, menjalankan protokol yang mengontrol pengiriman dan penerimaan informasi dalam internet. TCP (Transmisi Control Protokol) dan IP (Internet Protokol) adalah dua dari yang paling penting protokol di Internet. Protokol prinsip Internet secara kolektif dikenal sebagai protokol TCP / IP. Kita mulai melihat ke protokol di bagian 1.2. Tapi itu hanya sebuah awal – banyak dari keseluruhan buku ini berkaitan dengan komputer jaringan protokol!

Sistem Akhir terhubung bersama-sama oleh link komunikasi. Kita akan melihat pada bagian 1.5 bahwa ada banyak jenis link komunikasi. Link yang terdiri dari berbagai jenis media fisik: kabel koaksial, kawat tembaga, serat optik, dan spektrum radio. Link yang berbeda dapat mengirimkan data pada tingkat yang berbeda. Tingkat link transmisi sering disebut link bandwidth, dan biasanya diukur dalam bit / detik.

Biasanya, sistem akhir tidak langsung melekat satu sama lain melalui link komunikasi tunggal. Sebaliknya, mereka secara tidak langsung terhubung satu sama lain melalui perangkat switching perantara yang dikenal sebagai router. Sebuah router mengambil informasi tiba di salah satu dari link masuk komunikasi dan kemudian meneruskan informasi itu pada salah satu link keluarnya komunikasi. Protokol IP menentukan format dari informasi yang dikirim dan diterima antara router dan sistem akhir. Bahwa jalan Informasi yang dikirimkan mengambil dari sistem akhir pengiriman, melalui serangkaian link komunikasi dan router, untuk menerima sistem end dikenal sebagai rute atau jalur melalui jaringan. Akan diperkenalkan routing dalam lebih rinci dalam bagian 1.4, dan mempelajari algoritma yang digunakan untuk menentukan rute, serta struktur internal dari router itu sendiri, dalam Bab 4.

Daripada menyediakan jalur khusus untuk berkomunikasi antar sistem akhir, Internet menggunakan teknik yang dikenal sebagai paket switching yang memungkinkan beberapa sistem akhir berkomunikasi untuk berbagi jalur, atau bagian dari jalan, pada saat yang sama. Kita akan melihat bahwa packet switching dapat lebih sering digunakan dan lebih “efisien” daripada rangkaian switching (di mana setiap pasangan akhir sistem berkomunikasi mendapat jalur khusus). Para nenek moyang dari Internet adalah jaringan pertama packet-switched, hari ini publik Internet adalah grande dame dari semua packet-switched jaringan yang ada.

Internet adalah benar-benar sebuah jaringan dari jaringan. Artinya, Internet adalah set saling berhubungan secara pribadi dan milik publik dan dikelola jaringan. Setiap jaringan yang terhubung ke Internet harus menjalankan protokol IP dan sesuai dengan penamaan tertentu dan menangani konvensi. Selain ini beberapa kendala, bagaimanapun, operator jaringan dapat mengkonfigurasi dan menjalankan jaringan (“sepotong” kecil dari Internet) namun itu dipilih. Karena penggunaan universal protokol IP di Internet, IP Protokol ini kadang-kadang disebut sebagai nada panggil Internet.

Topologi Internet, yaitu, struktur interkoneksi antara berbagai potongan Internet, adalah sebuah hirarkis yang longgar. Secara kasar, dari awah-ke-atas, hirarki terdiri dari sistem akhir terhubung ke Internet Service Provider (ISP) meskipun jaringan akses. Sebuah jaringan akses mungkin disebut jaringan area lokal dalam perusahaan atau universitas, telepon panggilan sejalan dengan modem, atau jaringan akses berkecepatan tinggi berbasis kabel atau telepon berbasis. Lokal ISP yang pada gilirannya terhubung ke ISP regional, lalu terhubung ke ISP nasional dan internasional. ISP nasional dan internasional terhubung bersama-sama pada tingkat tertinggi dalam hirarki. Tingkatan dan cabang baru (yaitu, jaringan baru, dan jaringan baru dari suatu jaringan) dapat ditambahkan hanya sebagai bagian baru dari Lego dan dapat dilampirkan ke konstruksi Lego yang ada. Pada semester pertama tahun 1996, sekitar 40.000 alamat jaringan baru yang ditambahkan ke Internet Jaringan [1996] – tingkat pertumbuhan luar biasa.

Pada tingkat teknis dan perkembangan, internet dimungkinkan melalui penciptaan, pengujian dan implementasi Standar Internet. Standar ini dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). IETF standar dokumen yang disebut RFC (request for comment; permintaan komentar). RFC mulai keluar sebagai permintaan umum untuk komentar (maka namanya) ke penyelesaian masalah arsitektur yang dihadapi perintis Internet. RFC, meskipun tidak secara formal standar, telah berevolusi ke titik di mana mereka seperti dikutip. RFC cenderung sangat teknis dan rinci. Mereka mendefinisikan protokol seperti TCP.

IP, HTTP (untuk Web) dan SMTP (open-standar e-mail). Ada lebih dari 2000 berbeda RFC Internet publik (yaitu, jaringan global dari jaringan dibahas di atas) adalah jaringan yang satu biasanya disebut sebagai internet. Ada juga jaringan pribadi, seperti jaringan perusahaan dan pemerintah tertentu, yang host tidak dapat diakses dari (mereka tidak dapat bertukar pesan dengan) host luar jaringan pribadi. Jaringan ini swasta sering disebut sebagai intranet, karena mereka sering menggunakan “teknologi internet” yang sama (misalnya, jenis yang sama dari host, router, link, protokol, dan standar) sebagai Internet publik.

Sumber: online textbook, Computer Networking: A Top-Down Approach (Kurose and Ross)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *