Analisis Jaringan di HME

Kegiatan

Merupakan kegiatan menganalisa sebuah jaringan terutama jaringan nir kabel di lingkungan Himpunan Teknik Elektro UB.

Metode

Metode kegiatan yang digunakan adalah Walk Test pada sinyal access point. Walk test adalah metode pengukuran yang dilakukan untuk mengamati dan melakukan optimasi pada jaringan. Yang diamati biasanya adalah kuat daya pancar dan daya terima , tingkat kegagalan akses (originating dan terminating), tingkat panggilan yang gagal (drop call) serta FER khususnya pada kondisi indoor.

Tujuan walk test yaitu :

  1. Untuk analisis coverage sebuah cakupan jaringan atau cakupan ebuah sel pada suatu gedung dengan cara menggunakan sampel data user perception pada coverage area tertentu.
  2. Mengkombinasikan pengukuran data dalam database tunggal untuk kecepatan dan perbandingan yang luas.

Mekanisme walk test dalam kegiatan ini menggunakan laptop dan jalan kaki ke seluruh area cakupan layanan nirkabel. Masalah yang muncul direkam dengan menggunakan aplikasi setelah itu derekam lalu disimpan , setelah itu menandai data sesuai fungsi waktu dan lokasi.

Alat – Alat Walk Test

Pada kegiatan ini ,walk test menggunakan laptop dengan yang menggunakan band frekuensi 2,4 GHz.

Software Pendukung

Di sini untuk melakukan pengukuran terhadap kekuatan access point yang ada di Gedung Himpunan Teknik Elektro maka menggunakan aplikasi Wireless Scanner Lizard. Dimana Wireless Scanner Lizard adalah perangkat lunak yang mudah untuk melakukan scanning dan analisis terhadap jaringan nirkabel 802.11a/b/g/n/ac.

Kesimpulan

Selama melaksanakan kegiatan riset Tes Jaringan Himpunan Teknik Elektro Universitas Brawijaya penulis mengambil beberapa kesimpulan :

  1. RiSTIE, khususnya Divisi Network merupakan Lembaga semi otonom yang melakukan riset dalam bidang jaringan di lingkup Teknik Elektro Universitas Brawijaya.
  2. Analisis jaringan dilakukan untuk mengontrol ,menertibkan, dan memperbaharui jaringan yang ada Himpunan Teknik Elektro Universitas Brawijaya.
  3. Mahasiswa dapat mengakses internet dengan lancar melalui jaringan yang ada di HME TE-UB.
  4. Fasilitas Jaringan di HME TE-UB terpelihara dengan baik.

Saran

Untuk pengembangan lebih lanjut maka penulis memberikan saran untuk membantu pemeliharaan jaringan di lingkup HME TE-UB:

  1. Pengguna diharapkan menggunakan akses jaringan secara adil dan tidak semena-mena.
  2. Melaporkan kepada pihak Ristie jika terjadi masalah atau kerusakan pada jaringan.
  3. Bersama-sama menjaga properti jaringan di lingkup HME TE-UB.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *